Mengenal Markdown

Last modified: 2020-10-24T06:57:42Z

Markdown adalah lightweight markup language (LML) ditulis dengan format syntax palin-text. Markdown merupakan bahasa markup sederhana yang digunakan untuk menulis file readme, komentar web, buku, webblog, rich text format, dan saat ini mulai digunakan untuk penulisan konten web berbasis static site generator (SSG). Markdown dapat dikonversi menjadi markup dengan struktur valid HTML dan XHTML, hal inilah yang merupakan tujuan awal pengembangan markdown.

Apakah penjelasan mengenai markdown di atas sudah terlalu jauh atau terlalu dalam? Sebelum kita memahami lebih jauh mengenai markdown mari kita cari tahu dulu siapa pembuatnya dan kapan dibuat.


Markdown dibuat pada tahun 2004 oleh John Gruber. John Grubber dibantu Aaron Swartz dalam penyusunan sintaksnya, dimana tujuannnya untuk menulis html dengan bahasa yang mudah dipahami oleh manusia. Lebih mengarah pada keterbacaan teks itu sendiri, markdown mulai digunakan oleh web sebagai alat bantu untuk mempercepat proses produksi sebuah konten yang dapat dikonversi dalam bentuk HTML atau XHTML.

Kenapa pakai markdown? Kenapa tidak langsung saja ditulis ke HTML biasa saja? Hem…. Ini adalah alat, pasti ada tujuan dalam pembuatannya.

Lalu apa tujuannya markdown dikembangkan?


Tujuan dari alat ini (markdown) adalah untuk memudahkan kita dalam menulis konten web/HTML . Teks yang kita tulis nantinya dapat dikonversi ke HTML, penulisannya jauh lebih mudah dari HTML seperti yang sudah saya jelaskan diatas yaitu keterbacaan si penulis. Namun Anda harus memahami dasar-dasar penggunannya.

Jadi saran saya jika Anda sama sekali belum pernah menulis dalam format HTML ada baiknya gunakan dan biasakan dahulu menulis dalam HTML. Setelah Anda lancar dan fasih dalam menggunakan HTML maka barulah coba markdown.

Kenapa demikian, hem….. sayang sekali jika Anda tidak mengenal HTML. Karena basis pembuatan web masih tetap menggunakan HTML sebagai wadahnya. Jika Anda ingin belajar membuat web ada baiknya sayangi dan biasakan dengan markup HTML.

Oh iya, jika kalian berpikir dan mengtakan HTML adalah sebuah program itu kurang tepat. HTML bukan sebuah program namun bahasa markup.

Penulisan bahasa markup dalam Markdown memang dibuat agar memudahkan kita untuk menulis format plain text yang nantinya dapat dikonversi ke HTML dan XHTML. Jika kalian sudah pernah menggunakan GitHub pasti sudah paham betul apa itu markdown.

Hem supaya Supaya tidak semakin bingung dan mudah dipahami Markdown dapat dikatakan adalah format penulisan markup yang sederhana dibandingkan HTML. Kenapa lebih sederhana? Markdown ditulis lebih efisien dan tidak sekompleks HTML dalam penulisan. Seperti ini contoh basic Markdown, HTML dan kenampakannya output/keluarannya di browser.

Sintak Umum / Basic

Berikut adalah gambaran umum atau basic yang sering saya gunakan untuk menulis artikel dalam format markdown. Untuk Anda yang ingin mendalami atau sudah mengerti dan hafal dengan output pada tabel berikut, bisa langsung ke bagian sintaks dasar markdown dan sintaks yang diperluas . Untuk sumber saya peroleh dari Daringfireball.net yang ditulis oleh John Gruber.

Elemen Markdown Syntax
Headings / Judul # H1
## H2
### H3
Bold / Cetak Tebal **bold / cetak Tebal**
italic / miring *italic text / teks cetak miring*
Blockquote > blockquote
Ordered List / Daftar penomoran 1. First item
2. Second item
3. Third item
Unordered List / Daftar point (bullet) - First item
- Second item
- Third item
Kode `code`
Garis ---
Link / Tautan [title](https://www.example.com)
Gambar ![alt text](image.jpg)

1 comment:

Powered by Blogger.