Cara Mengganti Icon / Favicon di Blogger

Last modified: 2017-08-12T10:57:49Z
Favicon diblogger secara default dan belum kita ganti akan menampilkan logo milik layanan blogger ini. Agar blog terkesan memiliki ciri atau krakteristik sendiri, kita dapat mengganti favicon tersebut dengan logo atau icon yang kita buat sendiri.

Apakah harus kita menggantinya? ya itu terserah Anda. Namun bagi Anda yang sudah mengubah domain menjadi TLD atau domain Anda sendiri maka mau tidak mau ya harus di ubah. Kenapa? Sayang bukan kalau domain sudah milik Anda, namun branding icon atau favicon masih menggunakan logo milik blogger. Jadi ini terserah Anda masing-masing mengelola blog Anda untuk kepentingan bisnis atau pencitraan Anda. Lalu caranya bagaimana mengganti icon blog dengan favicon blog Anda sendiri? Simak langkah-langkah mengganti icon / favicon blog berikut ini.

Cara membuat favicon blog

Membuat favicon blog dapat dilakukan melalui program desain seperti coreldraw atau photoshop. Ukuran standart favicon 32px X 32px, ini saran dari w3.org. Di sana disarankan favicon berukuran 32px x 32px dengan warna 8bit atau 24bit. Format favicon dapat berupa ekstensi standart w3.org PNG atau ICO. 

Saya sendiri lebih memilih menggunakan png  untuk masalah icon atau favicon, alasannya karena lebih standart dan saya perhatikan rata-rata blog atau web menggunkan png walaupun banyak juga yang menggunakan file ekstensi .ico. Namun untuk blogger sendiri saya menyarankan untuk menggunakan file ekstensi png saja. Lain halnya jika Anda memiliki web dengan hosting sendiri.

Kesulitan membuat sendiri icon atau favicon blog Anda? Anda dapat mencari layanan pembuat logo atau icon online seperti logomaker.com atau Canva.com kedua layanan pembuat logo online ini gratis. Selain kedua web tersebut Anda dapat mencari sendiri di pencarian google. Ada banyak tawaran pembuat logo online lainnya.

Cara Mengganti Favicon Blog

Setelah Anda memiliki logo atau icon untuk blog Anda maka saatnya untk upload di layanan blogger. Silahkan login dahulu ke dashbor blogger. Pilih blog yang ingin Anda ganti icon atau faviconnya.

Setelah login dan masuk ke dashbor blogger, silahkan pilih menu layout. Setalh itu pilih bagian atas layout blog Anda. Klik bagian edit favicon. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.

cara mengganti favicon blog di blogger


Setelah itu akan muncul popup atau jendela untuk upload icon atau favicon blog Anda.


Pilih file icon yang ingin anda upload, klik choose file tunggu beberapa saat setelah itu save. Selesai sudah Anda mengganti icon atau favicon blog Anda. 


Bila berhasil maka hasilnya akan tampak pada tab browser Anda atau coba cek di layout blog Anda seperti di bawah ini.



Mudah bukan bagaimana cara menganti favicon blog di blogger. Bila gagal mengganti icon blog Anda perhatikan format dan ukuran seperti yang saya jelaskan di atas. Jika file anda sudah png atau ico dan berukuran 32px X 32px namun tetap gagal kemungkinan besar jaringan internet Anda sedang bermasalah. Jadi perhatikan lagi jaringan internet Anda . Semogga bermanfaat.

2 comments:

Powered by Blogger.